Salatiga, Jumat (20/5/2022) – Monumen Pers Nasional mulai menggelar pameran offline diawali dengan partisipasi aktif di Pameran Salatiga Expo Hybrid 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 22 Mei 2022. Pameran yang menampilkan wajah baru sekaligus sejarah perkembangan Monumen Pers Nasional dari masa ke masa ini ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan dari pelajar hingga masyarakat umum. Dalam pameran ini Monumen Pers Nasional juga menyelenggarakan kegiatan Ngopi Bareng di Monpers dan Forum Sosialisasi Monumen Pers Nasional secara Live disiarkan oleh TATV. Acara yang dihadiri oleh perwakilan Guru dan Siswa dari berbagai sekolah menengah di wilayah Kota Salatiga mendapat sambutan dan apresiasi yang meriah baik dari peserta maupun pengunjung pameran.

Acara Ngopi Bareng di Monpers menghadirkan dialog bersama Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Dr. Nursodik Gunarjo, M.Si dan Walikota Salatiga Yulianto, SE. Dialog yang berlangsung selama satu jam ini membahas tentang pentingnya sumber informasi digital yang akurat dan terpercaya, serta peran Kominfo dalam mencegah peredaran hoaks sekaligus edukasi bahaya hoaks ke masyarakat.

Acara yang kemudian dilanjutkan dengan Forum Sosialisasi Monumen Pers Nasional ini mengajak masyarakat Kota Salatiga untuk mengenal tentang sejarah perkembangan pers nasional melalui Monumen Pers Nasional yang saat ini sudah dibuka untuk kunjungan umum. Forum ini menghadirkan diskusi antara Kepala Monumen Pers Nasional Widodo Hastjaryo dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Nunuk Dartini, S.Pd, M.Si dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Salatiga Drs. VT Haribowo, MM.

Seluruh rangkaian acara Ngopi Bareng di Monpers dan Forum Sosialisasi Monumen Pers Nasional disiarkan di TATV secara Live dan siaran ulangnya dapat ditonton melalui Youtube TATV dan Monumen Pers Nasional. (Arnain)