Monumen Pers Nasional mengunjungi SMP Budi Utomo di Surakarta pada Rabu, 17 Mei 2023. Kunjungan ini dalam rangka acara Monumen Pers Nasional Goes to School yang baru digelar pertama kali sejak 5 tahun yang lalu. Kunjungan ke sekolah ini dilakukan sebagai upaya promosi museum ke sekolah-sekolah. Ia juga menjadi ajang apresiasi bagi sekolah yang rutin berkunjung ke Monumen Pers Nasional.

“Saya sangat senang dapat menjadikan SMP Budi Utomo sebagai sekolah yang pertama dalam seri Monumen Pers Nasional Goes to School ini,” ujar Kepala Monumen Pers Nasional Widodo Hastjaryo dalam sambutannya.

Senada dengan Widodo, Pemimpin Pondok Pesantren Budi Utomo KH. Muhammad Thoyibun juga menyambut baik acara ini. “Ini menjadi kesempatan kita juga dalam memperkenalkan dan menunjukkan prestasi dari siswa dan siswi,” katanya.

Acara Monumen Pers Nasional Goes to School dimulai pukul 08:00 dengan pertunjukkan dari siswa dan siswi SMP Budi Utomo, salah satunya adalah kebolehan menghapal Al-Qur’an. Acara kemudian dilanjutkan oleh sejumlah kata sambutan dan juga presentasi dari Monumen Pers Nasional tentang sejarah pers, koleksi surat kabar dan majalah, serta layanan-layanannya.

Dalam acara ini juga terpilih dua orang masing-masing siswa dan siswi sebagai Duta Monumen Pers Nasional. Duta ini dibaiat sebagai jembatan antara Monumen Pers Nasional dengan SMP Budi Utomo dalam rangka mempromosikan museum.

Acara lalu ditutup dengan pertunjukan-pertunjukan tambahan seperti pencak silat hingga drama dan juga undian hadiah melalui kupon yang telah dibagikan.

Siswa dan siswi SMP Budi Utomo turut antusias mengikuti acara ini. “Saya kesannya senang karena acaranya meriah. Kalau ada kesempatan saya mau datang ke Monumen Pers,” ujar Rizaldy Aldeansyah, siswa kelas 8.

Begitu juga dengan Alvina Putri Fariska yang ikut menikmati jalannya kegiatan. “Senang karena banyak penampilan yang seru dan keren,” tandas siswi kelas 7 ini.

Selain sejumlah penampilan, acara ini juga turut diramaikan oleh bazaar makanan dan minuman yang dibuat oleh siswa-siswi SMP Budi Utomo. Ada pula expo di mana sejumlah karya dari siswa-siswi dan kegiatan unit ekstrakulikuler ditampilkan. Tak hanya itu, Monumen Pers Nasional juga turut menampilkan sejumlah surat kabar kuno dan mesin tik untuk dipamerkan. Dalam kegiatan ini turut juga hadir Kepala Sekolah SMP Budi Utomo Danang Aji Sulistyono, auditor dari Inspektorat III Kementerian Komunikasi dan Informatika Yustina Dwiratna, dan juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Dian Rineta.