Surakarta, Minggu (22/5/2022) – Monumen Pers Nasional Surakarta akan menyelenggarakan pembukaan Pameran Usada, Seni Penyembuhan Tradisional Indonesia Senin (23/5/2022). Pameran yang digelar mulai 23 hingga 31 Mei 2022 ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Monumen Pers Nasional dalam rangka Hari Museum Internasional #IMD2022.

Tema yang diusung untuk Hari Museum Internasional 2022 adalah The Power of Museums. Museum dianggap sebagai institusi yang memiliki kekuatan untuk memicu daya dorong pengembangan ekonomi sosial, menjadi tempat bermain yang inovatif, dan membangun komunitas yang berpendidikan melalui koleksi dan program-program publik yang dilaksanakan. Melalui Pameran Usada, Seni Penyembuhan Tradisional Indonesia ini Monumen Pers Nasional ingin mengajak para pengunjung untuk memahami perjalanan dan perkembangan Usada atau Jamu yang merupakan Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia.

“Pameran ini diharapkan dapat menarik apresiasi masyarakat untuk melestarikan Usada atau Jamu yang merupakan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Selain itu, pameran ini dapat menjadi obat bagi masyarakat dan sahabat museum untuk mengunjungi kembali pameran di museum secara langsung, mengingat pemerintah telah melakukan pelonggaran-pelonggaran terhadap aktivitas masyarakat,” jelas Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo.

Selain pameran Monumen Pers Nasional juga akan menyelenggarakan kegiatan Webinar Konservasi dengan tema Penggunaan Bahan Alam Dalam Konservasi Koleksi. Webinar yang akan dilaksanakan pada Senin (23/5/2022) ini membahas metode tradisional pemakaian bahan alami yang lebih mudah dan ramah terhadap lingkungan dalam perawatan benda-benda koleksi museum. Webinar ini akan menghadirkan Narasumber terbaik di Bidang Konservasi, yaitu: Ari Swastikawati (Balai Konservasi Borobudur) dan Dian Novita Lestari (Konservator Museum Nasional).

Sedangkan pada Selasa (24/5/2022) akan dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Kuratorial bertema Digitalisasi Koleksi Museum. Workshop ini akan memberikan pengetahuan teori dan praktek digitalisasi benda koleksi sebagai inovasi pelestarian koleksi. Workshop ini akan dipandu oleh praktisi ahli yang berpengalaman di bidang digitalisasi dan inovasi benda koleksi, yaitu: Brahmantara (Balai Konservasi Borobudur) dan Syarifuddin (Yayasan Inggil).

Kegiatan Webinar Konservasi dan Workshop Kuratorial ini dapat diikuti secara daring melalui aplikasi Zoom dan terbuka untuk umum tanpa dikenakan biaya. Peserta dapat mendaftar untuk mengikuti Webinar Konservasi Penggunaan Bahan Alam Dalam Konservasi Koleksi melalui tautan  https://komin.fo/Webinar_PenggunaanBahanAlami dan Workshop Kuratorial Digitalisasi Koleksi Museum pada tautan https://komin.fo/Workshop_DigitalisasiKoleksiMuseum.  

Humas dan Pelayanan Informasi

Monumen Pers Nasional

Jalan Gajah Mada 59 Surakarta

WhatsApp: 0811-250-5959