Surakarta, 12 Desember 2022. Sebentar lagi tiba saatnya untuk liburan sekolah, tapi masih bingung dengan tempat main yang itu-itu saja? Yuk mengenalkan kebiasaan membaca anak di usia dini dengan berkunjung ke perpustakaan!

Mengisi liburan sekolah dengan main ke perpustakaan merupakan salah satu alternatif kegiatan terbaik untuk anak-anak. Mengenalkan budaya membaca sejak dini merupakan sesuatu hal yang penting untuk perkembangan anak-anak. Membaca buku sangat bermanfaat terutama untuk melatih kinerja otak, menambah pengetahuan, dan mengasah daya ingat anak. Saat masih kecil, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan daya ingat yang kuat. Hal ini tentu sangat baik jika orang tua membiasakan anak untuk membaca buku sesuai dengan usianya.

Salah satu cara meningkatkan kebiasaan membaca di usia dini adalah dengan berkunjung ke perpustakaan. Di perpustakaan terdapat beragam bacaan menarik yang dapat disesuaikan dengan usianya. Namun begitu, anak tetap membutuhkan pendampingan orang tua saat memilih bacaan yang sesuai agar minat baca terbentuk saat anak masih di usia dini. Pemilihan bahan bacaan dapat dapat dilihat dari isi yang terkandung di dalamnya maupun fisik dari buku itu sendiri.

Di Perpustakaan Monumen Pers Nasional, orang tua dapat memilih beragam bahan bacaan untuk anak. Untuk saat ini lokasi perpustakaan masih menjadi satu dengan perpustakaan utama. Namun demikian, suasana ruangan tetap nyaman untuk anak belajar membaca. Di awal tahun 2023, perpustakaan untuk anak akan segera tersedia di Monumen Pers Nasional. Sebuah ruangan khusus untuk anak-anak bebas beraktivitas di dalamnya. Penyediaan ruangan perpustakaan anak ini merupakan bentuk komitmen Monumen Pers Nasional dalam partisipasinya meningkatkan literasi di masyarakat khususnya pada anak usia dini. (Hajar Laila).