Tahun 2015 tampilan website Monumen Pers Nasional akan diperbarui. Perubahan tampilan website ini dalam rangka peningkatan pelayanan informasi kepada masyarakat mengenai Monumen Pers Nasional dan produk pers nasional bernilai sejarah.

web mpnHal ini disampaikan Kepala Monumen Pers Nasional Suminto Yuliarso saat mengikuti pembahasan dan demo website MPN oleh tim dari Pusat Data dan Sarana Informatika, Kamis (18/12).

Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) Kemkominfo adalah mitra kerja yang digandeng Monumen Pers Nasional untuk memperbarui tampilan websitenya. Tim yang terdiri dari 4 (empat) orang ini berupaya mengakomodir informasi yang diperlukan masyarakat mengenai MPN dan koleksinya.

Selain tampilannya yang baru, website Monumen Pers Nasional akan terintegrasi dengan sosial media seperti Facebook dan Twitter Monumen Pers Nasional sehingga informasinya diharapkan lebih uptodate ujar Doni salah satu anggota tim pengembangan website Monumen Pers Nasional.

Untuk tampilan versi mobile juga lebih support, sehingga memudahkan pengunjung website untuk membuka dari smartphone-nya, imbuhnya.

Selain mengembangkan website Monumen Pers Nasional, PDSI juga sedang membangun aplikasi OCR (Optical Character Recognition) yang akan membantu mempermudah pencarian artikel berita dari hasil digitalisasi bukti terbit media yang ada di Monumen Pers Nasional, sehingga nantinya ketika pengunjung ingin mencari berita/artikel tentang Soekarno, cukup mengetikkan kata kunci “Soekarno” maka Koran dan Majalah yang memuat berita/artikel tentang Soekarno akan diketahui pengunjung. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, salah satunya kualitas (resolusi) digitalisasi. (Moch. Taufiqurrochman)