Kegiatan Pemetaan Pengumpulan Benda Bersejarah terkait Pers yang dilakukan Monumen Pers Nasional tahun 2013 berhasil mengumpulkan benda-benda terkait pers dari berbagai daerah di Indonesia.

Benda Pers yang berhasil dikumpulkan untuk menambah koleksi diantaranya peninggalan 8 tokoh pers Indonesia dan 1 benda milik salah satu penerbit di Indonesia.

Tokoh Pers tersebut adalah Fuad Muhammad Syafrudin (wartawan Udin) dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Moctar Lubis dan Suardi Tasrif dari DKI Jakarta, AA HAmidan dan Yustan Azzidin dari Banjarmasin, Ismail Djalili dari Palembang, Sumartoyo dari Semarang serta Djamaludin Isa dari Bangka selain itu MPN berhasil mendapatkan Mesin Penjual Koran Otomatis Pertama di Indonesia dari Koran Jakarta.

Menurut Luqman Ibrahim, staf Pelayanan Informasi, “Pengumpulan Benda Pers ini tidak lepas dari kerjasama dan informasi masyarakat, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan ahli waris para tokoh tersebut”.

“Untuk tahun depan sudah ada nama-nama tokoh pers yang akan menjadi tujuan serta kegiatan pemetaan ini, tinggal menunggu persetujuan saja”, ungkapnya.

Dengan adanya koleksi perwakilan tokoh pers setiap daerah di Indonesia ini sebagai salah satu upaya mewujudkan Monumen Pers Nasional sebagai pusat rujukan dokumentasi pers nasional yang tidak hanya dikenal di Solo atau Jawa Tengah saja tetapi di seluruh Indonesia. (Eti Kurniasih)