Dirjen IKP Freddy H Tulung didampingi Hendra Purnama Direktur Kemitraan Komunikasi saat memberi pengarahan kepada pegawai Monumen Pers Nasional

Untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi maka seluruh pegawai negeri sipil Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo)  termasuk di dalamnya pegawai Monumen Pers Nasional  harus mampu meningkatkan kinerja, demikian dikatakan Freddy H Tulung Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik ( IKP ) Kementerian Kominfo saat kunjungan kerja di Monumen Pers Nasional ( 3/7 ). Selanjutnya dijelaskan bahwa dalam waktu dekat ini akan diterapkan remunerasi pegawai negeri sipil Kementerian Kominfo untuk itu diperlukan berbagai hal yang mendukung sistem tersebut yaitu struktur organisasi yang mencerminkan tugas pokok dan fungsi , sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung pelaksanaan tupoksi. Dalam remunerasi ini  tunjangan setiap pegawai negeri sipil akan berbeda disesuaikan beban kerja setiap hari. Selain masalah remunerasi  dijelaskan pula oleh Dirjen IKP tentang akan ditingkatkan perhatian dan pembinaan untuk  Jabatan Fungsional Pranata Humas, bahwasanya nantinya Jabatan Pranata  Humas  akan dikembangkan tidak hanya sebagai jenjang karir tetapi sebagai  profesional  merupakan   profesi public relation. Sebagai penanggungjawab pembinaan Jabatan Pranata Humas, Ditjen IKP telah melakukan kerjasama dengan Persatuan Humas Serluruh Indonesia (Perhumas) yang merupakan Lembaga yang sudah baku dalam mengembangkan profesi kehumasan yaitu menerapkan Standard Kompetensi Profesionalisme Kehumasan, dan  Kode etik  Profesi  Kehumasan.

Dirjen IKP di ruang dokumentasi koran yang terbit dari seluruh Indonesia

Saat ini telah dilakukan pendataan Pranata Humas dan penyebarannya di seluruh Kementeriasn/Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang hingga kini telah terdaftar oleh Direktorat Komunikasi Publik jumlahnya sekitar 1800  jabatan fungsional Pranata Humas di seluruh Indonesia. Diharapkan pada akhir tahun ini pola pembinaan nasional dan pengembangan untuk jabatan fungsional Pranata Humas sudah dapat dibakukan dan difinalkan. Setelah memberikan pengarahan Dirjen IKP didampingi Direktur Kemitraan Komunikasi dan Kepala Monumen Pers  mengadakan peninjauan keliling  melihat Koleksi Koran dan Majalah Kuno, Koleksi Benda Bersejarah terkait Pers Indonesia, Perpustakaan, Ruang Dokumentasi  dan Proses Digitalisasi .
( Triwibawani Marianingsih )