Pada tanggal 2-4 Juli 2013 telah diselenggarakan acara bimbingan teknis (bimtek) tentang jurnalistik online untuk petugas pengelola media center wilayah barat. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang jurnalistik online, meningkatkan kemampuan menulis berita dari para petugas pengelola Media Center Daerah, serta sebagai ajang konsolidasi para pengelola Media Center Daerah untuk pengembangan portal berita infopublik.org.

                Acara yang dilaksanakan di Sulthan Hotel International Banda Aceh ini diisi pemateri Ahmed Kurnia sebagai pemimpin redaksi infopublik.org, Mayong Suryo Laksono dari majalah Intisari, Sadjan sebagai Direktur Pengelolaan Media Publik Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Dwitri Waluyo dari gatra.com, Algooth Putranto dari Bisnis Indonesia, Heru Margianto dari kompas.com, dan Widiarsi Agustina dari Tempo. Para peserta yang mencapai lebih dari 40 orang dari berbagai daerah diantaranya Monumen Pers Nasional terlihat antusias mengikuti materi per materi yang disampaikan.

                      bimtekaceh                  Dalam bimtek ini dijelaskan cara penulisan berita yang terdiri dari dua jenis, yaitu feature dan hardnews. Penulisan berita jenis feature berbeda dengan jenis hardnews. Jika hardnews berisi deskripsi peristiwa yang terjadi dengan gaya penulisan apa adanya, sedangkan feature merupakan sisi lain dari peristiwa yang terjadi dengan tujuan untuk memunculkan rasa kemanusiaan pembaca.

                Dalam sesi selanjutnya dijelaskan tentang beberapa tips menulis berita, diantaranya cara menentukan angle berita yang akan ditulis, cara merebut perhatian pembaca berita online, cara menulis berita dengan ringkas, padat, dan singkat, serta masih banyak lagi. Untuk penunjang teori yang sudah diberikan, para peserta juga diminta menulis berita. Dengan bimtek ini, diharapkan setelah pulang ke daerah peserta dapat aktif menulis berita. (Febriani Tri Wulandari)