Monumen Pers Nasional ( MPN ) saat ini telah melaksanakan tugas utamanya pelestarian dan pelayanan kepada masyarakat mengenai MPN  dan produk pers nasional yang bernilai sejarah dengan visi terwujudnya pusat rujukan dokumentasi pers nasional berbasis Teknologi Informasi. Sejalan hal itu  agar MPN  mampu memenuhi tuntutan perubahan dan kebutuhan masyarakat terhadap peningkatan  layanan MPN  maka perlu disusun perencanaan strategis  pengembangan Monumen Pers Nasional yang diformulasikan didalam Dokumen Cetak Biru ( Blue Print ) MPN 2013 – 2017.

                Setelah melewati beberapa kali pertemuan, rapat dan Forum Grup Discusion maka Selasa (18/12) diadakan rapat Finalisasi  Pembahasan Cetak Biru Monumen Pers Nasional di Hotel The Sunan , Surakarta yang diikuti Kepala dan seluruh pegawai Monumen Pers Nasional serta Tim Penyusun Cetak Biru Monumen Pers Nasional yang terdiri  dari para akademisi  Program Studi Ilmu Komunikasi , FISIP Universitas Sebelas Maret.

Rapat dibuka oleh Kepala MPN  , Sujatmiko yang menyatakan bahwa penyusunan dokumen Cetak Biru MPN  sangat diperlukan sebagai acuan dalam menyusun program kerja di  MPN  untuk mewujudkan visi misi yang telah ditetapkan. Dalam pemaparannya Sri Hastjaryo  mengemukakan bahwa garis besar Rencana Strategis Monumen Pers Nasional  2013 -2017 meliputi : Branding Monumen Pers Nasional,  Pengembangan Sumber Daya, meliputi Sumber Daya Manusia dan sarana –prasarana, Penataan Koleksi, Promosi dan Kerjasama  dengan lembaga-lembaga terkait. Diharapkan pada tahun 2017 Monumen Pers Nasional  telah memiliki ruang pamer interaktif berbasis IT serta layanan media room berupa teater kecil multi media untuk memutar film dokumenter atau film pendek .    Menurut Sri Hastjaryo, untuk melengkapi penyusunan  Dokumen Cetak Biru  ini Tim Penyusun  memperhatikan berbagai acuan penting  diantaranya Renstra Kementerian Kominfo 2010-2014 , hasil studi kelembagaan MPN, Sasaran Strategis MPN, hasil studi banding dan hasil FGD dengan pengelola dan stake holders .  Diakhir acara  dilakukan penyerahan secara resmi Hasil Dokumen Cetak Biru  MPN  dari Tim Penyusun  kepada Kepala MPN  ( Triwibawani Marianingsih, Dra. )