Kamis, 15 September 2022 Perpustakaan Monumen Pers berkesempatan ikut serta dalam Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sharing Seasion Kepala Perpustakaan se-Jawa Tengah Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ruang Aula Sayap Garuda 2 Gedung Rumah Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Dihadiri oleh 68 perpustakaan UPT dan dinas kearsipan dan perpustakaan daerah wilayah Jawa Tengah, acara ini merupakan pertama kalinya Perpustakaan Monumen Pers Nasional berpartisipasi dalam acara koordinasi antar perpustakaan.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bapak Prof. Dr. Zaenuri, S.E, M.Si, Akt. Beliau menyambut gembira pertemuan ini dan menyampaikan walaupun UPT Perpustakaan UNNES tidak berada persis di tengah-tengah sentral kampus, namun secara filosofis diharapkan sebagai rumah ilmu yang akan menyinari perkembangan ilmu di masing-masing fakultas. Di era digital seperti saat ini UPT Perpustakaan UNNES terus berbenah dan mengembangkan literasi digital, layanan otomasi, dengan menggunakan sistem RFID.

Acara dilanjutkan dengan paparan dan diskusi yang dipandu oleh moderator Bapak Dr. Wiji Suwarno, M.Hum. (Kepala Perpustakaan UIN Salatiga). Pengenalan masing-masing narasumber beserta sekilas riwayat hidup dimulai dari Bapak Setyo Yuwono, SST dari Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa Kemendikbud Ristek, dilanjutkan dengan Bapak Dr. Yusro Edy Nugroho, M.Hum. Kepala UPT Perpustakaan Rumah Ilmu UNNES, dan terakhir Bapak Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Kepala UPT Perpustakaan UNS (Periode 2015-2019).

KEPALA UPT PERPUSTAKAAN RUMAH ILMU UNNES

Pemaparan pertama Bapak Dr. Yusro Edy Nugroho, M.Hum mengenai Pengembangan Infrastruktur Layanan Perpustakaan. Perpustakaan UNNES. Bapak Yusro menyampaikan bahwa pengembangan perpustakaaan UNNES didasarkan pada roadmap yang direncanakan sejak tahun 2020. Untuk tahun pertama 2021 adalah menjadi “Smart Technology Smart Content”.

Tahun 2022 “Integrated Smart Technology” dengan menggabungkan data, barang, teknologi informasi menjadi satu sistem yang terkoordinasi antara perpustakaan pusat dengan perpustakaan fakultas. Tahun 2023 “Research Learning Resources”, Tahun 2024 “Big Data Smart Library”. Perencanaan pengembangan perpustakaan berdasarkan Milestone, Roadmap, dan Rencana-rencana Strategis menuju perpustakaan modern.

BIRO UMUM DAN PENGADAAN BARANG DAN JASA KEMENDIKBUD RISTEK

Pemaparan kedua Bapak Setyo Yuwono, SST mengenai Strategi Perencanaan dan Pengadaan Bahan Pustaka. Pengadaan barang jasa didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No 16 Tahun 2018 Pasal 1. Yang paling penting tentang pengadaan barang dan jasa adalah jelas barang, jelas tujuan, pelaku pengadaan, dan harganya.

KEPALA UPT PERPUSTAKAAN UNS (PERIODE 2015-2019)

Pemaparan ketiga Bapak Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. mengenai Membangun Visi Perpustakaan Modern. Di era digital sekarang ini pustakawan diharuskan meng-upgrade kemampuan dalam menyediakan layanan informasi dan layanan literasi berbasis digital. Yang dapat dilakukan adalah pustakawan dapat membangun silaturahmi dengan pengelola Taman Baca Masyarakat dan pemangku kepentingan, berkolaborasi dengan sesama pustakawan, mengidentifikasi kebutuhan pemustaka, berpartisipasi aktif dalam mewujudkan perpustakaan digital secara bertahap, memberikan keteladanan bagi pemustaka, dan mewujudkan perpustakaan sebagai rumah kedua bagi pemustaka.

Keseluruhan Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sharing Seasion Kepala Perpustakaan se-Jawa Tengah Tahun 2022 yang diselenggarakan di Gedung Rumah Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Semarang berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh pengelola perpustakaan untuk mewujudkan kerjasama antar perpustakaan.

(Hajar Laila)