Monumen Pers Nasional – Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Monumen Pers Nasional per Desember 2021 menunjukkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 3,38 (skala 4) dan Nilai Survey Kepuasan Masyarakat sebesar 84,56 yang termasuk dalam kualitas mutu Baik. Apabila dibandingkan dengan hasil Survei Kepuasan Masyarakat semester pertama tahun 2021, terdapat kenaikan nilai IKM sebesar 0,02 poin dari yang sebelumnya sebesar 3,36. Demikian pula dengan nilai SKM yang meningkat sebanyak 0,47 poin dari nilai sebelumnya yaitu 84,09.Survei Kepuasan Masyarakat terhadap kualitas layanan publik Monumen Pers Nasional ini dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta. Responden survei merupakan pengunjung yang pernah menggunakan layanan Monumen Pers Nasional yang mengisi kuesioner survei selama periode bulan Juli hingga Desember 2021.

Pengukuran kepuasan menggunakan kombinasi metode SERVQUAL dan Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Permen PANRB No 14 Tahun 2017, Survei Kepuasan Masyarakat ini ditujukan untuk menilai sejauh mana kualitas layanan publik di Monumen Pers Nasional periode Juli – Desember 2021. Responden memberikan penilaian tertinggi terhadap tiga (3) indikator kepuasan masyarakat, yaitu: 1) Persyaratan, dengan nilai 3,44; 2) Biaya/ tarif, dengan nilai 3,42; dan 3) Perilaku pelaksana, dengan nilai 3,48. 

Jenis layanan publik Monumen Pers Nasional yang mendapat apresiasi tingkat kepuasan tertinggi pada periode ini adalah layanan Museum, dengan nilai sebesar 86,81 yang disusul oleh nilai layanan Perpustakaan sebesar 84,53 dan layanan Baca Koran Digital sebesar 80,09. Kenaikan nilai layanan Museum ini dipicu oleh baru dibukanya layanan kunjungan rombongan di bulan Oktober setelah penutupan layanan dari bulan Juli hingga September 2021 dikarenakan kebijakan PPKM Kota Surakarta. Peningkatan jumlah kunjungan rombongan ke Museum Monumen Pers Nasional selama bulan Oktober hingga Desember 2021 menghasilkan kenaikan nilai yang cukup signifikan pada layanan Museum.

Berdasarkan hasil penilaian kepuasan masyarakat per Desember 2021 tersebut Monumen Pers Nasional tetap berusaha untuk meningkatkan kembali kualitas seluruh layanan publik terutama yang masih membutuhkan unsur perbaikan. Di masa adaptasi kehidupan masyarakat bersama Covid-19 ini, Monumen Pers Nasional akan semakin melengkapi pelayanan kunjungan dengan upaya pencegahan penularan virus sesuai dengan protokol kesehatan dalam rangka melindungi pengunjung dan petugas pelaksana layanan. (Arnain)