Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tejo mengukuhkan Anas Syahirul sebagai Ketua PWI Solo terpilih
Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tejo mengukuhkan Anas Syahirul sebagai Ketua PWI Solo terpilih

SOLO—Konferensi Cabang (Konfercab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta menetapkan General Manager Joglosemar, Anas Syahirul sebagai Ketua PWI Surakarta masa bakti 2016-2021, Sabtu (23/4) yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung Induk Monumen Pers Nasional Jalan Gajah Mada No.59 Surakarta. Hadir dalam acara tersebut sesepuh/Tokoh Pers diantaranya; HN Sakdani Darmopamudjo dan Drs. H. Ichwan Dardiri serta Kepala Monumen Pers Nasional Surakarta  Suminto Yuliarso. Pemilihan tersebut Anas terpilih secara aklamasi dalam forum Konfercab, yang selama ini tidak pernah terjadi di Konfercab PWI Surakarta karena selalu dilakukan pemilihan secara voting.

Ajang konferensi sendiri berlangsung alot, bahkan sempat diwarnai ancaman deadlock,  pemicunya adalah persoalan perbedaan pemahaman tentang legalitas peserta konferensi.
Pasalnya, pengurus hanya mengesahkan 43 orang sebagai peserta sah konferensi karena sudah memenuhi syarat keanggotaan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sementara anggota PWI yang lain yang tidak mengikuti UKW, tidak jelas keanggotaannya dan statusnya dalam konferensi tersebut.

Setelah dilakukan skors  dan  lobi-lobi hampir dua jam, akhirnya konferensi dilanjutkan dengan agenda pemandangan umum pengurus lama dan pemilihan ketua umum. Tanpa diduga sebelumnya, Ketua Umum PWI Surakarta secara aklamasi terpilih Anas Syahirul.
Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tedjo yang hadir mewakili Ketua Umum PWI Pusat Margiono mengaku salut karena semua anggota PWI Cabang Surakarta bisa bersatu menatap ke depan dan memilih pengurus PWI Surakarta secara demokratis.
Ditekankan Sasongko kerja pengurus PWI Surakarta masa bakti 2016-2021 ini cukup berat karena langsung menangani kepincangan-kepincangan organisasi.

Dalam kepengurusan nanti, Anas akan didampingi Asep (Suara Merdeka) sebagai sekretaris, Ketua Bidang Organisasi dipegang Amir Tohari (Solopos), Ketua Bidang Kerjasama Didik Kartika (Joglosemar), Ketua Bidang Pendidikan Sidiq (Radar Solo), Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Rahmat Wibisono (Solopos). Sedang Ketua Dewan Kehormatan dipegang Budi Santoso dengan Sekretaris Suwarmin (Solopos).

Anas sendiri menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan amanah dari forum konferensi tersebut. “Ini tugas tidak ringan, karena organisasi wartawan mengalami kelesuan. Untuk itulah, kami akan mencoba bersama-sama membuat program-program yang riil yang hal penting yang menunjang kinerja anggota. Termasuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggota,” ungkapnya

Wartawan : Suhamdani

Sumber : Joglosemar.co