Monumen Pers Nasional (MPN) Surakarta diminta sumbangsihnya untuk membantu bagian dokumentasi-data Harian Umum (HU) Pikiran Rakyat, Jawa Barat membantu memberikan duplikasi data digital koran tersebut sejak 1966.

Pasalnya, pasca-kebakaran yang melahap kantor redaksi koran terbesar di Jawa Barat, arsip terbitan dari tahun 1966 sampai sekarang ikut ludes terbakar.

Kepala Monumen Pers Nasional Surakarta, Suminto Yuliarso mengatakan, permintaan duplikasi arsip itu dikirim kepada Dirjen IKP Kemenkominfo tembusan Kepala MPN dan Kepala Pusat Informasi Humas Kominfo 5 Desmber 2014.

“Atas arahan pimpinan kita bantu utk kasih data digitalisasi dan akan direalisasikan setelah ada surat dari HU PR,” katanya, Minggu (28/12).

Yuliarso membenarkan, kantor HU Pikiran Rakyat yang terbakar beberapa waktu lalu sampai tidak punya data hingga menyurati ke lembaganya, agar menyiapkan data digitalisasi dari tahun 1966 sampai dengan sekarang untuk arsip.

Dikatakan, Dirjen IKP Kemenkominfo secara langsung juga mendorong MPN ditingkatkan statusnya menjadi pusat rujukan pers nasional. “Ini harapan saya.dmikian.”

(Budi Sarmun S/CN19/SMNetwork)

Link sumber : http://berita.suaramerdeka.com/mpn-jadi-pusat-rujukan-pers-nasional/