Tim Monumen Pers Nasional  Surakarta Peduli Kelud  kelokasi bencana gunung Kelud Selasa/ 18 – 20/2/ 2014. Dengan membawa dua armada mobil operasional  Mplik ( Mobil layanan Internet) dan m Pustika(mobil Pusat Pelayanan Komunikasi dan informatika)dan beberapa orang awak serta bantuan untuk pengungsi erupsi gunung kelud yang dihimpun dar pegawai Monumen Pers Nasional Surakarta.

Sore menjelang  malam Mobil MPLIK menuju Kec.Ngantang, Kab.Malang daerah terparah akibat erupsi gunung Kelud, sepanjang jalan Ngantang masih terlihat abu vulkanik menutupi sebagian ruas jalan den rumah penduduk yang sudah tidak berbentuk lagi atapnya. Hujan yang mengguyur menuju tempat pengungsian membuat kendaraan harus berjalan pelan-pelan karena menurut informasi berberapa ruas jalan mengalami longsor akibat digerus air sungai yang cukup deras disamping itu listrik padam membuat jarak pandang semakin pendek.

kelud1Sampai di Kec.Pujon, Kab Malang posko pengungsian, informasi yang diperoleh melalui  Sekcam Pujon Budi Suliono sekaligus penanggung jawab posko pengungsian Kec. Pujon: Lokasi pengungsian   tersebar di sepuluh titik pengungsian diberbagai tempat di Kecamatan Pujon seperti : Balai Desa, sekolah dan gedung olahraga dan  sebagian besar pengungsi berasal dari Kec. Ngantang

Penyerahan secara simbolis bantuan oleh Ka. MPN kepada Sekcam Pujon disaksikan Kabag. Humas Kab. Malang
Penyerahan secara simbolis bantuan oleh Ka. MPN kepada Sekcam Pujon disaksikan Kabag. Humas Kab. Malang

Kepala Monumen Pers Nasional  Surakarta Drs. Suminto Yuliarso, mengatakan kedatangan Tim Monumen Pers Nasional  Peduli  Tanggap Bencana bertujuan  untuk berpartisipasi pasca erupsi gunung Kelud  merupakan bentuk kepedulian dan tanggap bencana  dengan  memberikan bantuan baik secara fisik, materi maupun motivasi agar masyarakat pengungsian dapat memperoleh informasi dan hiburan guna membangkitkan motivasi mereka bangkit pasca bencana.

kelud4MPLIK membuka stand di SD Pujon I namun karena operasional internet mengalami gangguan teknis tidak dapat memberikan pelayanan, sehingga tim memutar video cassete untuk menghibur anak-anak di pengungsian.

kelud5M Pustika membuka stand di posko pengungsian Kec. Kandangan memutar video cassete untuk menghibur pengungsi berupa film-film motivasi yang membangkitkan semangat dan fim untuk anak-anak, seperti, ipin-ipin, bernard siberuang, Shaun the ship dll.

Pada kesempatan tersebut relawan dan pengungsi  bergabung menghibur diri dengan berkaraoke melalui  youtube salah satu fasilitas m Pustika.

kelud6Mplik  bergabung di kec. Kandangan sehabis dari Kec. Pujon, layanan internet bisa diakses dengan baik dan banyak digunakan/ dimanfaatkan  oleh para pengunjung.

Panitia , relawan posko pengungsi maupun masyarakat pengungsi  meyambut positif dan merasa terhibur dan  mengucapkan terimakasih atas partispasi Tim Monumen Pers Nasional Peduli Tanggap Bencana Kelud.(Supardi, SSos)