Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2013 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2013 PWI Cabang Surakarta mengadakan serangkaian acara. Acara tersebut antara lain Ziarah Tabur Bunga, Malam Tirakatan dan Jalan Santai.

Rencana tersebut tertuang dalam proposal kegiatan Hari Pers Nasional 2013 dan HUT PWI ke 67 Cabang Surakarta yang menurut rencana akan diadakan 8-24 Februari 2013.

Acara yang diawali dengan Ziarah Tabur Bunga Makam Wartawan dilaksanakan tanggal 3 Februari 2013 lalu di tiga Pemakaman Umum antara lain : Bonoloyo, Untoroloyo, Pracimaloyo. Ditempat tersebut disemayamkan tokoh pers nasional Soedarjo Tjokrosisworo dan dua wartawan anggota PWI Cabang Surakarta Gojek Joko Santoso dan Tri Handayani.

Kemudian dilanjutkan dengan acara Malam Tirakatan dan Pemotongan Tumpeng HPN dan HUT PWI ke 67 yang akan dilaksanakan tanggal 8 Februari 2013 di Monumen Pers Nasional.

Sebagai acara puncaknya, akan dilakukan kegiatan Jalan Santai atau Jalan Sehat yang akan diikuti sebanyak 2000 peserta diantaranya dari kalangan tokoh pers, pejabat pemerintah Kota dan Kabupaten, Muspida Kota dan Koordinator, Pimpinan Media dan Redaksi, Insan pers dan masayarakat yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2013 di Lapangan Kota Barat Surakarta. (Eti Kurniasih)