Sebagai upaya melengkapi koleksi bukti terbit media berupa Koran dan majalah maka Monumen Pers Nasional memperluas jaringan untuk dapat bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya Jogja Library Center (JLC) dan Harian Jogja (HarJo). Untuk itu pada tanggal 15-17 Januari 2013 Monumen Pers Nasional telah mengadakan kunjungan di dua tempat tersebut untuk menjajaki rencana kerjasama.

Jogja Library Center (JLC) yang merupakan Unit Pelayanan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Propinsi DI Yogyakarta dan beralamat di Jl. Malioboro Yogyakarta yang memiliki koleksi surat kabar dan majalah diantaranya Kedaulatan Rakyat cetakan perdana, Javasche Courant, Seng Hwo Po, Sin Min, The Sumatra Times dan masih banyak lainnya siap tukar koleksi hasil digitalisasi atau alih media surat kabar dan majalah dengan Monumen Pers Nasional.

Hal tersebut diungkapkan Kasubdit Pelestarian dan Kerjasama BPAD , Drs. Widodo Sunarno, MM saat ditemui perwakilan Monumen Pers Nasional di ruang kerjanya.

DSC_5033
Perwakilan Monumen Pers Nasional diterima Redaktur Pelaksana dan Staf Harian Jogja

Namun pihaknya meminta MoU (Nota Kesepahaman) kerjasama ini dimasukkan ke dalam tahun anggaran 2014 dikarenakan pada tahun ini pihaknya sudah merencanakan kerjasama dengan pihak lain.

Sementara pada kesempatan yang berbeda Harian Jogja akan bersedia mengirimkan bukti terbit medianya untuk menambah koleksi bukti terbit media di Monumen Pers Nasional.

Rencana tersebut akan direalisasi setelah ditandatangani MoU kerjasama antara Harian Jogja dengan Monumen Pers Nasional.

Hal tersebut diungkapkan Redaktur Pelaksana Harian Jogja Amiruddin Zuhri saat menerima kunjungan perwakilan Monumen Pers Nasional Rabu 16/1/2013.

“Pada dasarnya kami tidak masalah dengan rencana tersebut” ungkap Amir didampingi stafnya.

Pihak Monumen Pers Nasional melalui perwakilannya Himawan Mahardianto, ST menyambut baik rencana kerjasama ini dan akan mengirimkan draft MoU-nya setelah berkoordinasi dengan atasannya. (M. Taufiqurrachman)