Empat museum di Jateng dan DIY menggelar koleksinya dalam acara pameran bersama di gedung eks Karesidenan Pekalongan. Pameran yang diadakan dalam rangka menyongsong Visit Jawa Tengah 2013 ini dilaksanakan tanggal 18 sampai dengan 22 April 2012. Keempat museum tersebut adalah Museum Jawa Tengah Ranggawarsito, Museum Batik Pekalongan, Monumen Pers Nasional Surakarta, dan Museum Benteng Vredeburg. Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah juga turut berpartisipasi dalam pameran ini .

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan mengabadikan Koran Kuno Koleksi Monumen Pers Nasional

Menurut Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Drs. Dwi Arie Putranto Msi, ketika memberi sambutan dalam acara pembukaan pameran : “Pameran ini akan dapat memberikan wahana pembelajaran dan menggairahkan masyarakat untuk melestarikan budaya dan sejarah bangsa” . Selain itu beliau menyampaikan harapannya, agar pameran seperti ini pada masa yang akan datang akan dapat terus digelar dan dilaksanakan bukan hanya di Pekalongan, tetapi juga di seluruh daerah di Jawa Tengah.

Setelah membuka acara ini, Dwi Arie juga menyempatkan untuk meninjau stand-stand peserta, beliau menyampaikan sangat kagum akan koleksi-koleksi yang ditampilkan peserta, termasuk koleksi dari Monumen Pers Nasional. Di stand Monumen Pers ini, Dwie Arie mengabadikan koleksi-koleksi yang dipamerkan dengan kamera handphone. Selain itu beliau juga menyampaikan jika pernah membaca mengenai koleksi-koleksi kuno ini, tetapi untuk melihat wujud aslinya baru kali ini.

Para pelajar mengisi buku tamu saat akan masuk stand Monumen Pers Nasional

Sementara itu tanggapan masyarakat sendiri terhadap kegiatan ini cukup bagus, Fitria, seorang pelajar SMP yang mengunjungi pameran ini mengatakan kalau dia sangat senang dengan adanya acara ini, menurutnya, masyarakat, khususnya pelajar, bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga mengenai sejarah bangsa, khususnya di Jawa Tengah melalui koleksi museum dan arsip yang dipamerkan. (Andi Prabowo )