Sejarah Pers Indonesia Tampil di Festival Media 2017

Surakarta, 23 Nopember 2017 – Monumen Pers Nasional menampilkan kisah sejarah pers Indonesia dalam pameran yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Grha Solo Raya, Surakarta, Kamis (23/11/2017). Pameran yang digelar tanggal 23 hingga 24 Nopember 2017 ini merupakan salah satu dari serangkaian acara dalam Festival Media 2017.

Koleksi kamera wartawan Udin Bernas menjadi benda bersejarah pers yang menghiasi stan Monumen Pers Nasional. Selain itu, pengunjung dapat memanfaatkan panel kolase foto dokumentasi media cetak kuno koleksi Monumen Pers Nasional sebagai tempat untuk swafoto.

Festival Media 2017 adalah kegiatan yang mempertemukan kalangan media dan jurnalis dengan publik untuk memantau perkembangan media, kebebasan berekspresi, dan demokrasi di Indonesia. Dengan tema “Jurnalisme Damai, Jurnalisme Keberagaman”, festival media tahun ini dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Menteri Rudiantara mengapresiasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai garda depan dalam menjaga independensi kalangan jurnalis.

“Saya sangat menghormati independensi jurnalis. AJI sebagai lembaga bersama yang menjaga indepensi secara bersama-sama,” ujarnya.

Rangkaian seminar, workshop, talkshow, pameran foto dan pemutaran film digelar selama pelaksanaan festival. Berbagai stan pameran rekan-rekan AJI dari seluruh Indonesia beserta media afiliasinya di Surakarta turut memeriahkan kegiatan ini. (Arnain Dian Agustin)