Siswi SMP N 1 Tegal saat menjawab pertanyaan
Siswi SMP N 1 Tegal saat menjawab pertanyaan

Untuk  lebih memperkenalkan/ mensosialisasikan kepada  masyarakat luas , Monumen  Pers Nasional (MPN) Surakarta menyelenggarakan kegiatan MPN  Goes To School (Promosi Ke Sekolah) di kota Tegal. Kegiatan yang berlangsung tanggal 12- 14 Agustus  2015 dilaksanakan  di SMP Negeri 15 dan SMP Negeri 1 kota Tegal.

Penyerahan cindera mata dari Ka. MPN kepada Ka. SMP Negeri 15
Penyerahan cindera mata dari Ka. MPN kepada Ka. SMP Negeri 15

Kepala Sekolah SMPN 15 Tegal Dwi Setiawan , SPd, MM dan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan  SMP Negeri 1 Tegal, Budi Raharjo, MPd  menyambut gembira program MPN goes to school  berharap murid-murid mendapat  tambahan wawasan mengambil manfaat dari acara ini sehingga menambah dan pemahaman  pengetahuan tentang pers umumnya dan Monumen Pers Nasional khususnya.

Penyerahan cindera mata dari Ka. MPN ke Wk.Ka. SMP Negeri 1 Tegal
Penyerahan cindera mata dari Ka. MPN ke Wk.Ka. SMP Negeri 1 Tegal

Sementara itu, Kepala Monumen Pers Nasional, Suminto Yuliarso meng informasikan gedung Monumen Pers Nasional yang berlokasi di Jalan Gajahmada 59 Surakarta merupakan cagar budaya, adalah saksi  berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi sejak sebelum kemerdekaan,  dibangun pada tahun 1918 oleh Mangkunegoro VII, pernah menjadi tempat rapat didirikannya  SRV (Soloche Radio Vereneeging), 1 April 1933 sebagai radio yang dikelola pribumi;  Tempat berlangsungnya kongres PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) pertama  pada  9 Februari 1946 .

promosi4
Para siswa mendengarkan presentasi dari Tim Promosi Ke Sekolah

Lebih dari 1 satu) juta eksemplaar bukti terbit media cetak baik koran maupun didokumentasikan disamping berbagai benda pers bersejarah yang pernah digunakan tokoh pers  ketika meliput sebuah peristiwa antara lain, mesin ketik manual, kamera, diorama sejarah pers  Secara struktural Monumen Pers Nasional  merupakan UPT yang  berada dibawah Dirjen IKP – Kementerian Komunikasi dan Informatika

Antusiasme dari murid – murid peserta kegiatan ini cukup tinggi , terbukti cukup banyak pertanyaan yang muncul dan perhatian merka dari awal sampai berakhirnya acara, acara yang dibuat dengan model talkshow tersebut  mendapat apresiasi dari guru yang kemudian akan mengagendakan kegiatan berkunjung ke Monumen Pers Nasional untuk mengisi kegiatan ekstra kurikuler siswa. (Supardi, SSos)