Monumen Pers Nasional adalah Unit Pelayanan Teknis di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik – Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki tugas pokok “Melaksanakan pelestarian dan pelayanan kepada masyarakat mengenai Monumen Pers Nasional dan produk pers yang bernilai sejarah”. Dengan tugas pokok tersebut Monumen Pers selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih proaktif dan memberikan makna kehadirannya di masyarakat.

Pada hakekatnya kualitas ini terkait dengan pelayanan terbaik yang mengacu pada kemudahan pengunjung dalam mendapatkan pelayanan, keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan, kelengkapan data yang diberikan, serta melayani secara cepat dan memuaskan. Artinya sebagai ruang publik harus menjamin bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat betul-betul berkualitas.

Seiring dengan tuntutan pelayanan masyarakat, Monumen Pers Nasional berupaya mengembangkan teknologi informasi disetiap ruang publik sehingga kemampuan masyarakat untuk mendapatkan, memanfaatkan, mengolah dan mengakses informasi menjadi lebih mudah. Ruang Publik yang ada di Monumen Pers Nasional terdiri dari :

  1. Media Center yang merupakan humas pemerintah, memiliki 9 unit PC dalam ruangan yang ber AC, ruang media center ini dimanfaatkan untuk akses internet secara gratis sehingga memudahkan pengunjung mencari informasi tentang berbagai hal yang diinginkan dan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.
  2. Perpustakaan menyimpan berbagai koleksi bahan bacaan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan yang berfungsi sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Otomasi perpustakaan telah dilakukan dengan maksud untuk mempercepat dalam pemrosesan bahan pustaka sehingga memberikan kemudahan, efisiensi, dan kualitas pelayanan bagi pengunjung.
  3. Ruang e-paper berfungsi sebagai ruang media elektronik yang berisi informasi media cetak hasil digitalisasi. Diruang ini pengunjung diberi kemudahan dan proses pencarian informasi menjadi lebih efisien sehingga tidak perlu lagi membuka media cetak yang masih dalam bentuk fisik.  Ruang e-paper terdapat 6 unit komputer touchscreen yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat media cetak dalam bentuk elektronik. Informasi yang didapat dari komputer selanjutnya di print dan hasil printout tersebut diberikan pada pengunjung secara gratis.
  4. Ruang Dokumentasi, merupakan sarana efektif dalam mendapatkan informasi. Diruang ini disediakan berbagai media surat kabar baik nasional maupun daerah. Pengunjung diperbolehkan membaca surat kabar yang diinginkan kemudian petugas dapat memberikan layanan fotokopi sesuai permintaan pengunjung.

Ruang-ruang publik yang ada di Monumen Pers tersebut sepatutnya memberikan kepuasan pelayanan bagi pengunjung. Ketulusan dalam melayani kebutuhan pengunjung akan memberi nilai lebih terhadap citra yang semakin baik bagi Monumen Pers Nasional. (Eti Kurniasih)