Suasana Gedung Induk Monumen Pers Nasional awal Desember ini tampak berbeda. Ruangan besar yang biasanya digunakan untuk memajang foto/repro koran-koran kuno koleksi Monumen Pers Nasional mulai Selasa (4/12) hingga Sabtu (8/12) mendatang, digunakan untuk memamerkan karya hasil proses studi mahasiswa, serta karya dosen dan alumni Seni Rupa Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pameran ini digelar atas kerja sama Seni Rupa FSSR UNS dengan Monumen Pers Nasional.

Berbagai karya rupa dalam pameran tersebut diantaranya merupakan hasil studi kelompok keahlian mata kuliah dasar yang berupa karya sketsa, menggambar benda, menggambar model, fotografi, nirmana dasar 2 dan 3 matra. Sedangkan karya studi kelompok keahlian keprofesian yaitu dari studio seni patung, studio seni lukis, studio seni grafis, studio keramik, studio merencana tekstil, studio merencana desain komunikasi visual (DKV), dan studio merencana interior.

Dengan diadakannya pameran ini, diharapkan mampu meningkatkan sikap apresiatif terhadap karya serta menumbuhkan semangat berkreasi di kalangan civitas akademika Seni Rupa FSSR UNS khususnya dan masyarakat peminat seni pada umumnya.

Salah satu karya dengan media Kawat berjudul ‘Lari’ karya Sinung Rahmat D.
pada Pameran ‘SINERGI 2012’ di Gedung Induk Monumen Pers Nasional

Pameran besar seni rupa tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS, Riyadi Santosa pada Selasa (4/12) malam. Riyadi mengatakan, melalui pameran bertajuk ‘SINERGI 2012’ ini, Seni Rupa FSSR UNS berusaha mengetengahkan karya-karya hasil studi mahasiswa, karya alumni yang telah diterima masyarakat, serta karya dosen-nya. “Pameran ini juga dimaksudkan sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam menjalankan peran sosial dan untuk mendapatkan kritik dan saran demi kesempurnaan,” jelasnya.

Salah seorang mahasiswi UNS yang mengunjungi pameran, Metta mengungkapkan, pameran tersebut sangat menarik. “Karya yang ditampilkan bagus-bagus, semoga pameran seperti ini bisa diselenggarakan secara rutin,” katanya. Pengunjung lain dari SMA Negeri 6 Surakarta, Sagesti Kharisma, juga mengungkapkan hal serupa. “Karya yang dipajang di sini keren-keren banget,”tutur pelajar kelas XII yang bercita-cita kuliah di FKIP Seni Rupa UNS ini.

Pengunjung Pameran ‘SINERGI 2012’ di Gedung Induk Monumen Pers Nasional

Di samping kegiatan pameran di Monumen Pers Nasional, juga diselenggarakan seminar dengan tema ‘Dinamika Perkembangan Seni Rupa Era Digital’ pada Rabu (5/12) di Ruang Sidang Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS, Kentingan, Surakarta. (Tri Octory Rustiana)