Screenshot from 2013-04-29 12:53:13
Laporan Ketua Panitia, Drs. Hery Murjiyanto, MM

Monumen Pers Nasional Solo, ikut meramaikan Pameran Magelang Tempo Doeloe yang berlangsung di selasar halaman gedung Museum BPK dan eks Karasidenan Kedu, 26 – 28 April 2013.

Dalam Laporannya Ketua Panitia, Drs.Hery Murjianto, MM mengatakan Pameran Magelang Tempo Doeloe ini digelar merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun kota Magelang yang ke 1107, diikuti oleh 34 stand pameran, yang terdiri dari berbagai stand: Kuliner, bursa lawasan, sepeda motor antik, mainan tempo dulu, lukisanpameran, hotel, perbankan, Monumen Pers Nasional dll. Pameran ini tidak cuma sekedar bernostalgia dengan masa lalu, namun diharapkan akan memberikan informasi/ pengetahuan terutama kepada generasi muda tentang sejarah masa lalu Magelang khususnya sehingga akan timbul semangat mencintai budaya sendiri yang pada akhirnya membentuk dan memperkokoh jati diri bangsa.

Walikota Magelang yang diwakili oleh Wakil Walikota, Joko Prasetyo, S.Sos mengatakan, ditengah perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi yang demikian canggih diperlukan penguatan kepribadian bangsa agar tak tergerus oleh infiltrasi budaya asing, pameran adalah salah satu ajang untuk mempublikasikan dan mensosialisasikan peninggalan sejarah bangsa agar nilai yang terkandung didalamnya tetap lestari disegenap jiwa bangsa Indonesia memperkokoh persatuan dan kesatuan, meningkatkan semangat kebersamaan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Monumen Pers Nasional Solo, pada pameran ini menampilkan, ekpose media tentang Magelang Tempo Doeloe, Peringatan Hari Kartini yang dimuat majalah Panyebar Semangat th.1939 – 40, foto Bung Karno ketika berpidato, di alun-alun kota Magelang 1954, macam-macamperangko yang dimuat majalah Jawa Baroe pada pendudukan Jepang dan baberapa ekspose media lainnya.

Screenshot from 2013-04-29 12:53:13 (another copy)Pengunjung Stand Monumen Pers Nasional

Pada kesempatan tersebut juga ditayangkan Audio visual biografi Bung karno yang mendapat apresiasi masyarakat luas, juga vitrin yang memuat penerbitan media lama merupakan master piece Monumen Pers Nasional.

Screenshot from 2013-04-29 12:53:13 (copy)Tari Topeng Ireng

Kegiatan Pameran dimeriahkan pula dengan pertunjukan Musik Nostalgia, Tari Topeng berbagai versi : Tari Topeng Ireng, Topeng Ayu , Tari Jatilan Saras Jiwo dari RSJ Magelang, Barongsai dll.
(Hery. K )