Surakarta – Setelah hampir dua tahun tidak menerima kunjungan rombongan, pada tanggal 1 November 2021 Monumen Pers Nasional akhirnya membuka kembali layanan tanpa reservasi dan kunjungan museum untuk rombongan. Sebanyak 50 orang Sobat Monpers dari Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga menjadi pengunjung rombongan pertama yang diterima secara langsung.

Dengan mempertimbangkan situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Surakarta yang telah turun ke Level 2, maka kunjungan rombongan di Monumen Pers Nasional dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung, yaitu 50 orang per hari. Selain itu pengunjung juga diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin dan mentaati aturan protokol kesehatan.

Sebelum memasuki gedung, setiap pengunjung diminta untuk memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, pengecekan suhu badan dan pembagian kelompok. Karena keterbatasan ruangan yang akan dikunjungi dan untuk menjaga jarak, maka masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang pengunjung dengan 1 orang pemandu.

Adapun ruangan yang dikunjungi adalah ruang pamer museum, ruang layanan baca koran dan e-paper, layanan perpustakaan serta ruang digitasi koran dan majalah. Dalam kunjungan ini Sobat Monpers sangat antusias menyimak saat pemandu maupun petugas layanan menjelaskan tentang storyline museum dan tata laksana layanan Monpers.

“Wow, sih, amazing, kayak mengubah pikiran kita yang kesannya kalau monumen itu kayak sesuatu yang klasik, yang jadul, yang membosankan, tapi ternyata enggak”, ujar salah satu dosen IAIN Salatiga.

Sedangkan dosen yang lainnya menambahkan, “kalau kita dipandu dan ternyata kalau arsip di monumen berupa majalah dan koran digitasi sehingga suatu saat bisa diakses. Wow luar biasa nih!”.

Para mahasiswi pun turut memberikan testimoni, “kita jadi lebih tau sejarah pers bagaimana, sejarah AJI dan sebagainya lembaga-lembaga pers itu apa aja. Jadi kayak yang awalnya kita nggak tau jadi lebih tau dan nyaman banget disini. Tokoh-tokohnya juga dikenalin sama kakak-kakaknya, trus kita bisa keliling-keliling. Seru juga!”.

Liputan kunjungan ini pun juga diunggah dalam dokumentasi video melalui akun resmi Instagram @monumenpers. Para Sobat Monpers yang ingin melihat Kembali kenangan kunjungannya ke Monumen Pers Nasional dapat langsung cek ke akun Instagram Monpers. (Eka)