Surakarta – Bupati Magetan Bapak Suprawoto terlihat antusias saat mencoba proses alih media koleksi arsip dalam Workshop Digitasi Bahan Pustaka yang diselenggarakan Monumen Pers Nasional, Rabu (16/06). Workshop yang menjadi kegiatan lanjutan dalam Webinar Kepustakawanan Seri 2 ini dilaksanakan secara tatap muka di Hotel Alana dan secara daring via Zoom yang diikuti lebih dari 300 peserta.

Bapak Suprawoto mengapresiasi kegiatan digitasi bahan pustaka yang selama ini dilaksanakan Monumen Pers Nasional secara bertahap terhadap seluruh koleksi koran dan majalah. Menurut beliau hasil alih media koleksi media cetak tersebut telah membantu para mahasiswa dan peneliti dalam studi masing-masing. Hal ini menunjukkan manfaat digitasi bahan pustaka tidak hanya untuk menjaga kualitas arsip namun juga memberi nilai guna terhadap produk hasil digitasi tersebut.

“Saya yakin ini mempunyai manfaat yang sangat bagus, dan ini perlu ditularkan kepada para pemerintah daerah terutama untuk (digitasi) naskah-naskah penting. Saya berharap nanti semua arsip dapat menjadi digital,” jelasnya.

Lebih lanjut Suprawoto juga menyampaikan bahwa beliau secara pribadi telah mencoba melakukan digitasi sederhana bagi arsip berita yang penting untuk disimpan, namun dalam workshop ini beliau dapat mempelajari beberapa langkah detail yang perlu diperhatikan dalam melakukan alih media bahan pustaka.

Workshop digitasi bahan pustaka ini juga disiarkan secara livestream melalui akun resmi Instagram @monumenpers dan kanal Youtube Monumen Pers Nasional. Para peminat kearsipan dapat melihat siaran ulang kegiatan workshop digitasi pada akun resmi tersebut. (Arnain)