Surakarta (14/06) – Monumen Pers Nasional akan menyelenggarakan kegiatan lanjutan Webinar Kepustakawanan Seri 2 dengan tema ‘Workshop Digitasi Bahan Pustaka’ pada hari Rabu (16/06) mulai pukul 8.30 WIB hingga selesai. Workshop ini menghadirkan narasumber Pustakawan Madya dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta, Zulfa Kurniawan, S.IP dan Arsiparis Muda Monumen Pers Nasional, Dani Triardana Riswara, S.Sos. Seperti sebelumnya webinar kepustakawanan ini akan diselenggarakan secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom. Peserta daring terbuka untuk masyarakat umum dengan mendaftarkan diri melalui tautan https://komin.fo/WorkshopDigitasi.

Monumen Pers Nasional memiliki dua peran yaitu sebagai museum dan juga bank data arsip media cetak yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Media cetak merupakan basis data arsip yang dimiliki Monumen Pers Nasional yang memiliki nilai guna kesejarahan sehingga dikategorikan sebagai arsip statis sesuai UU No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Seiring dengan perubahan zaman yang juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi, maka transformasi menuju era digital menjadi wajib untuk disikapi dengan cepat dan tepat. Museum dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Dengan melaksanakan digitasi bahan pustaka diharapkan dapat terjaga informasi yang terkandung di dalamnya sekaligus memudahkan akses data bagi masyarakat.

Melalui workshop digitasi bahan pustaka ini diharapkan insan permuseuman, arsip dan perpustakaan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam hal tata cara pelaksanaan digitasi, mulai dari persiapan bahan dan peralatan, proses digitasi dan proses pengolahan data hasil digitasi. 

Workshop digitasi bahan pustaka ini akan disiarkan secara livestream melalui akun Instagram resmi @monumenpers dan akun Youtube Monumen Pers Nasional.

Humas dan Pelayanan Informasi

Monumen Pers Nasional

Jalan Gajah Mada 59 Surakarta