Surakarta – Menkominfo Johnny G. Plate hadir dan memberikan sambutan dalam peresmian layanan 5G Telkomsel di Kota Solo yang diselenggarakan di Balai Kota Surakarta, Kamis (03/06).  Peluncuran jaringan baru dengan judul Unlock the Future with Hyper 5G ini dihadiri juga oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, beserta jajaran direksi Telkomsel dan pejabat eselon Kementerian Kominfo.

This image has an empty alt attribute; its file name is berita-1024x766.jpg

Dalam sambutannya beliau Menkominfo menyampaikan pesan Wali Kota Solo yang berharap agar infrastruktur telekomunikasi di Kota Solo dan wilayah sekitarnya bisa terjangkau internet cepat, khususnya 5G. Dengan hadirnya layanan 5G ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi juga infrastruktur telekomunikasi di kota Solo dan sekitarnya.

Menkominfo juga menyatakan, pemerintah mendukung operator lain untuk mengembangkan teknologi ini agar kedepannya bisa lebih mudah dijangkau dan efisien, baik infrastruktur dan operasionalnya.

“Untuk itu Pemerintah Daerah (Pemda) harus mendukung langkah ini supaya bisa dilakukan dengan cepat seperti deployment infrastruktur repeater di atas gedung-gedung bahkan bisa juga di lampu merah,” jelasnya.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, mengungkapkan bahwa di Kota Solo sudah ada 6 titik lokasi yang dapat menikmati jaringan 5G ini. Saat ini, layanan 5G tersebut baru tersedia di dua lokasi indoor, sedangkan empat titik lokasi lainnya akan menyusul.

“Dua ada di indoor, yaitu di Grapari Solo dan cluster Balaikota Solo. Lalu ada empat lokasi lain di outdoor,” kata Hendri dalam acara peluncuran yang ditayangkan livestream di kanal YouTube Kementerian Kominfo. (Arnain)