Yogyakarta – Monumen Pers Nasional ajak para pustakawan mengulik proses digitasi bahan pustaka dalam Webinar Kepustakawanan Seri 1 bertema Alih Media Bahan Pustaka, Jumat (28/05). Acara yang berlangsung selama 3 jam secara luring dan daring via Zoom ini diikuti lebih dari 400 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Webinar Kepustakawanan kali ini menghadirkan para narasumber ahli yang pertama adalah Bapak M. Hadi Pranoto (Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY) yang menyampaikan tentang tahapan digitasi bahan pustaka, mulai dari perencanaan, pra digitasi, digitasi, dan pasca digitasi bahan pustaka. Sedangkan pemateri kedua ialah Bapak Hardiansyah (Staf GLAM dan Kemitraan Wikimedia Indonesia) yang membahas mengenai digitalisasi GLAM (Galleries, Libraries, Archives, Museums).

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Achmad Fachrodji (Dirut PT Balai Pustaka Persero) yang membahas tentang pemanfaatan dan pengelolaan koleksi digital, meliputi perpustakaan digital, pementasan virtual, dan penyebarluasan buku digital.

Dengan adanya webinar kepustakawanan ini diharapkan peserta dapat memahami secara komprehensif mengenai seluk beluk penyelenggaraan digitasi bahan pustaka beserta permasalahannya seperti hak cipta karya hingga publikasinya. Webinar Kepustakawanan Alih Media Bahan Pustaka ini juga disiarkan secara livestream melalui akun Instagram resmi @monumenpers dan akun Youtube Monumen Pers Nasional. (Arnain)