Surakarta (26/05) – Monumen Pers Nasional akan menyelenggarakan seri kegiatan Webinar Kepustakawanan dengan tema pertama ‘Alih Media Bahan Pustaka’ pada Jumat (28/05) mulai pukul 8 pagi hingga selesai. Menghadirkan para narasumber ahli dari Wikimedia, Penerbit Balai Pustaka, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta, webinar kepustakawanan akan diselenggarakan secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom. Peserta daring terbuka untuk umum dengan mendaftarkan diri melalui tautan https://komin.fo/RegistrasiWebinarKepustakawanan. Perpustakaan sebagai salah satu penyedia koleksi dan referensi dengan berbagai sumber koleksi menjadi salah satu pusat rujukan utama bagi pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, perpustakaan kini berkembang dari konvensional menjadi digital.

Dalam pengembangan perpustakaan digital terdapat proses digitasi bahan pustaka yang cukup rumit karena tidak hanya mengubah format dari sumber aslinya, namun juga ketentuan hak cipta dan pengelolaan koleksi pasca digitasi. Melalui webinar kepustakawanan ini peserta dapat untuk memahami secara komprehensif mengenai apa dan bagaimana penyelenggaraan digitasi bahan pustaka beserta masalah hak cipta yang berkaitan dengan publikasinya.

Webinar kepustakawanan seri pertama ini juga akan disiarkan secara livestream melalui akun Instagram resmi @monumenpers dan akun Youtube Monumen Pers Nasional.

Humas dan Pelayanan Informasi

Monumen Pers NasionalJalan Gajah Mada 59 Surakarta