Surakarta (19/05) – Monumen Pers Nasional melakukan inovasi pameran museum terbaru dalam bentuk Virtual Tour 360 yang siap dibuka mulai Kamis (20/05/2021) melalui laman https://mpn.kominfo.go.id/virtual/.

Melalui virtual tur pengunjung tidak harus secara fisik berada di Monumen Pers Nasional, namun tetap dapat bereksplorasi, berwisata, sambil merasakan atmosfir museum yang ada di lingkungan Monumen Pers Nasional. 

“Inovasi ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, hari berdirinya Organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Virtual tour dan Virtual Exhibition dapat menjadi alternatif untuk melakukan kunjungan museum di masa pandemi serta menjadi media promosi yang efektif dan efisien”, jelas Widodo Hastjaryo, Kepala Monumen Pers Nasional.

Dengan menggunakan smartphone, pengunjung dapat merasakan sensasi panorama Virtual Tour 360. Selain user interface yang memudahkan navigasi, terdapat pula fitur zoom untuk memperbesar dan memperkecil gambar. Pengunjung dapat menggunakan fitur auto rotate untuk mengaktifkan rotasi otomatis dengan kecepatan yang ideal. 

Pada smartphone yang memiliki sensor gyroscope, maka fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan orientasi dari sebuah sudut agar tetap stabil. Tombol audio digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan suara latar. Fitur denah museum dan orientasi arah akan memudahkan user untuk lebih cepat berpindah ke ruangan lain dengan bantuan denah serta membuat pengguna lebih mudah untuk berkeliling. 

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah fitur embed video untuk menampilkan video di dalam foto 360, berikut fitur pop up untuk menampilkan informasi teks, gambar, audio, hingga video. Fitur Google street view akan memudahkan para pengunjung melihat berbagai pemandangan di lingkungan sekitar Monumen Pers Nasional. 

Selain Virtual Tour 360, pengunjung juga dapat melihat Virtual Exhibition yang menampilkan beberapa koleksi koran dan majalah Monumen Pers Nasional dalam format 3 dimensi, dengan tema Hari Kebangkitan Nasional. 

Humas dan Pelayanan Informasi 

Monumen Pers Nasional 

Jalan Gajah Mada No. 59 Surakarta WhatsApp: 08112505959