Surakarta, Siaran Pers – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate direncanakan akan mengunjungi Monumen Pers (Monpers) Nasional Surakarta, di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) yang jatuh pada Kamis (1/4/2021).

Kedatangan kali ini merupakan kegiatan kunjungan kerja yang pertama dilakukan oleh Menteri Johnny, pasca revitalisasi Monpers yang kini telah bertransformasi menjadi digital pada beberapa waktu lalu.

“Pak Menteri mau melihat revitalisasi Monpers yang kini sudah bertransformasi menjadi digital,” ujar Kepala Monpers Nasional Widodo Hastjaryo pada Rabu (31/3/2021).

Menurut dia, kedatangan Menteri Johnny ke Monpers merupakan rangkaian kegiatan puncak Hasiarnas 2021. Pada kesempatan kali ini Monpers akan mensimulasikan transformasi digital pelayanan publik yang kini menjadi standar prosedur ketika mengunjungi cagar budaya ini.

Setiap pelayanan publik yang kini menggunakan aplikasi internet akan dipaparkan kepada Menteri Johnny ketika berkunjung ke sana. Hal tersebut, sesuai dengan agenda Kementerian Kominfo yang tengah gencar mendorong transformasi digital dalam berbagai sendi kehidupan.

“Kita akan memandu Pak Menteri untuk berkeliling melihat Monpers,” katanya. Pihaknya, juga akan memandu Menteri Kominfo berkeliling melihat berbagai koleksi sejarah berharga yang dimiliki oleh salah satu tempat cagar budaya ini. Koleksi ini telah ditransformasikan menjadi digital, sehingga masyarakat bisa melihatnya dengan menggunakan gawainya.

“Pak menteri juga akan melihat koleksi yang dimiliki oleh Monpers yang telah bertransformasi secara digital,” katanya. Sebelumnya, Menteri Johnny akan menghadiri acara Royal Dinner yang diselenggarakan di Puro Mangkunegaran bersama berbagai pemangku kepentingan. Direncanakan, banyak pemangku kepentingan seperti asosiasi televisi, radio, pemilik media, dan sebagainya yang dijadwalkan menghadiri kegiatan tersebut.

-***-