PRESS RELEASE

GUNAKAN AKSES INTERNET UNTUK HAL YANG BERMANFAAT

Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik (Dit TKKKP), Ditjen IKP, Kemkominfo, bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (18/10) menyelenggarakan Forum Dialog dan Literasi Media Berbasis Islam Wasathiyah “Taat Beragama, Bergaul Harmonis, Sopan Berkomunikasi”.

Acara berlangsung di Hotel Novotel Surakarta, dihadiri 100 peserta terdiri dari generasi muda, santri, pelajar dan mahasiswa. Bertindak sebagai narasumber Yunahar Ilyas Wakil Ketua MUI Pusat dan Rully Nasrullah dari UIN Syarif Hidayatullah.

Direktur TKKKP, Selamatta Sembiring, dalam sambutan pembukaan menjelaskan, saat ini mayoritas akses internet digunakan generasi milenial untuk bermedia sosial. Untuk itu perlu kearifan agar aktivitas di dunia digital tidak merugikan masyarakat dan diri sendiri. “Jangan posting konten negatif, karena rekam jejaknya akan terus ada di dunia maya sampai kapanpun,” kata Sembiring.

Yunahar Ilyas selaku narasumber mengingatkan bahwa umat Islam harus mengedepankan tabayyun atau cek dan ricek atas seluruh informasi yang diterima. “Dapat informasi jangan langsung disebar sebelum diverifikasi dan proses tabayyun,” tegasnya.

Sementara Rully Nasrullah saat menyampaikan trik mendayagunakan media sosial untuk kemaslahatan menyampaikan, generasi muda jangan hanya aktif tapi juga harus kreatif dalam bermedia sosial. “Jangan hanya menghabiskan waktu untuk bermedsos, tapi gunakan medsos secara efektif untuk menghasilkan konten kreatif yang mencerdaskan dan menguntungkan,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif di TATV Surakarta mengangkat tema yang sama dengan narasumber Direktur TKKKP dan Wakil Ketua MUI Pusat.