MONUMEN PERS NASIONAL DALAM PAMERAN MUSEUM DI YOGYAKARTA

Yogyakarta, 17 Mei 2017 – Monumen Pers Nasional Surakarta turut menampilkan beberapa koleksi bukti terbit media cetak dalam rangka Pameran Museum Jogja Istimewa untuk Indonesia 2017, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pameran yang berlangsung tanggal 17 hingga 21 Mei 2017 di Jogja City Mall ini diikuti oleh 52 museum dari seluruh Indonesia.

Koleksi media cetak yang dipamerkan di stan Monumen Pers Nasional antara lain naskah pidato radio Presiden Soekarno di Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 1946 yang diterbitkan majalah Pantja Raja tahun 1946, tulisan tentang sejarah Plengkung Mataram yang dicuplik dari tabloid Ariwarti Parikesit tahun 1974, serta beberapa artikel dari koran Kedaulatan Rakyat tahun 1973.

Kegiatan pameran koleksi museum, baik yang bersifat keikutsertaan maupun swakelola, merupakan salah satu program tahunan Monumen Pers Nasional dalam rangka tugas pelestarian benda koleksi bersejarah pers dan pelayanan informasi tentang Monumen Pers Nasional. Melalui kegiatan pameran koleksi museum diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal Monumen Pers Nasional sekaligus meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah pers nasional.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Arnain Dian Agustin

Staf Pelayanan Informasi

Email: arna001@kominfo.go.id