Bertempat di Museum Ronggowarsito Semarang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah selenggarakan, Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi  untuk Peningkatan Pelayanan Museum.

Dra.Suhartati, M.Hum
Dra.Suhartati, M.Hum

Bimtek yang berlangsung 26-28/05 dihadiri 70 orang peserta  pengelola  museum  se Jawa Tengah termasuk Monumen Pers Nasional Surakarta, dibuka oleh Kepala Tata Usaha Museum Ronggowarsito, Dra. Suhartati, M.Hum mewakili Kepala Museum yang  berhalangan hadir,  dalam  sambutan yang dibacakannya   Suhartati,  mengharapkan kepada peserta agar memanfaatkan Bimtek ini sebaik mungkin sebagai sarana sharing terhadap berbagai permasalahan museum sekaligus mencarikan solusinya untuk dapat diterapkan ditempat kerjanya masing-masing.

RM Donny Megananda, SS, MM
RM Donny Megananda, SS, MM

Tampil sebagai pembicara: RM Donny .S. Megananda , SS, MM, dari Museum Kekayon Yogyakarta dengan makalah ; Museum, teknologi Informatika dan Komunitas; Dr. Retno Kusumaningrum, S.SI, M.Kom. Fakultas Sains Matematika Universitas Diponegoro dengan judul, Implementasi Teknologi Informasi Dalam Menguatkan Peran Museum Sebagai Edukasi dan Komunikasi Budaya Jawa Tengah; Panji Wisnu Wirawan ST, MT; Pengembangan Website sebagai Sarana Publikasi Museum; Indra waspada , ST, MMTI, Pengembangan Website sebagai Sarana Publikasi Museum 2 (Eksplorasi Fitur-fitur Web dari Sisi Pengunjung); Helmie Arief W, S.Si, M.Cs, Pembuatan Brosur dan Leaflet sebagai Media Promosi Cetak Museum; Satriyo Addhy, S.Si, MT Pengenalan Sosial Media  sebagai Promosi Digital Museum; Sutikno, ST, M.Cs, Pengenalan SLIMS (Senayan Library Management System) untuk Pengelolaan  Koleksi Buku-Buku Dan Naskah Kuno Museum; Qomari sigit P, Demo berbagai Implementasi TI yang telah diterapkan di Museum Ronggo warsito.

Dr. Retno Kusumaningrum, S.Si, M.Kom
Dr. Retno Kusumaningrum, S.Si, M.Kom

Dalam kesempatan tersebut muncul gagasan dari peserta Bimtek untuk membuat sebuah wadah dengan memanfaatkan IT berupa, Facebook, website, blog, whats up, istagram dan lainnya sebagai sarana komunikasi dan  saling bertukar informasi tentang peristiwa maupun agenda dari masing-masing museum.

Foto Bersama Peserta Bintek
Foto Bersama Peserta Bintek

Bimtek yang berlangsung selama tiga hari tersebut, dihari terakhir ditutup dengan  kunjungan ke Museum Sandi dan Benteng Vredeburg Yogyakarta. (Supardi)