Ratusan siswa didampingi para guru mengunjungi pameran “Pers dan Wawasan Kebangsaan” di Monumen Pers Nasional 2 September 2014 lalu.

Ibu  Mefe  Guru SD N 38 Madyotaman, mengatakan dengan melihat ini anak-anak dapat menambah wawasan tentang  pers,siapa tahu kelak ada yang menjadi jurnalis.

Brilia siswa kelas IV SD N 38 Madyotaman,menyatakan dirinya sangat senang karena pameran ini sangat mendidik kami dan rekan-rekan yang lain ,dalam  pengetahuan mengenai sejarah pers di Indonesia.

Lain halnya Guru SD.AL  FIRDAUS, Waryat, menuturkan pameran seperti ini bisa menambah wawasan di dunia pers ,juga wisata budaya,walaupun masih dini anak-anak sangat antusias melihat pameran ini,dan sebagai pembelajaran

Sedangkan  Guru SMK N.4 Surakarta Ibu  Yayuk Purwani, mengatakan sangat senang ,dan anak didik kami jadi tahu tentang perjalanan pers di Indonesia,lebih-lebih benda  pers tersebut  ada namanya pemancar radio kambing sebagai alat bukti untuk siaran berita.

Pada kesempatan yang sama siswa kelas X SMK N:2 Surakarta  Hendra mengatakan, bahwa kami dengan teman-teman bisa mengetahui dunia pers yang ternyata pers dulu sangat membantu pada saat perang melawan penjajah ,terbukti dengan adanya pemancar radio  kambing waktu kami baca dicaption dan semoga pers di Indonesia tetap jaya.

Penulis : Slamet Widodo