“Menjaga hubungan baik dengan Allah secara vertikal dan hubungan baik sesama manusia secara horizontal”, demikian disampaikan oleh Ustadz Hanif dari UNS Solo pada peringatan Halal bi halal pegawai Monumen Pers Nasional digedung Induk Monumen Pers Nasional, Senin 18 /8.

Halal bi halal yang dihadiri hampir seluruh pegawai , PNS, pramubakti, Satpam dan petugas kebersihan, berlangsung dalam suasana sederhana  ditimpali  joke-joke yang menarik pembicara mendapat perhatian penuh dari hadirin.

Ustad Hanif menyampaikan Tausyiah
Ustad Hanif menyampaikan Tausyiah

Lebih lanjut Ustadz Hanif menjelaskan, bila hubungan secara ritual kepada Allah baik tetapi tidak berdampak terhadap hubungan antara manusia secara sosial menjadi baik berarti perlu dipertanyakan, bisa jadi ibadah atau ritual hanya sebatas formalitas belaka. Beliau menegaskan silaturahim harus diucapkan secara lisan dikhlaskan dengan hati dan direaslisasikan dengan perbuatan. Halal bi Halal adalah momen yang tepat untuk saling memaafkan, melepaskan segala ganjalan dan beban dengan penuh keikhlasan.

Kepala Monumen Pers Nasional memberikan sambutan

Kepala Monumen Pers Nasional, Suminto Yuliarso, dalam sambutannya mengatakan acara Halal bi Halal ini diharapkan dapat menjadi titik tolak memperbaiki hubungan antar pegawai dengan saling memaafkan, membersihkan hati dan pikiran dari syak wasangka dan rasa curiga, sehingga dapat bekerjasama dengan baik dan memberikan kontribusi positif untuk memajukan  Monumen Pers Nasional agar dapat lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya  oleh masyarakat luas.(Hery Kamiyono).