BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN –Staf Monumen Pers Nasional mengunjungi markas besar Banjarmasin Post Group, Jalan AS Musyaffa Banjarmasin, Jumat (19/4). Mereka terdiri atas Hery Karmiyo, Slamet Widodo, Luqman Ibrahim menemui Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, Pangeran Rusdi Effendi dan Pemimpin Redaksi BPost Group, Yusran Pare.

Tujuan kedatangan ketiga staf Monumen Pers Nasional adalah mengumpulkan data-data untuk memperkaya bahan koleksi Monumen yang berdiri pada 1978 itu. Secara bergantian ketiganya menyodorkan pertanyaan kepada Pangeran Rusdi Effendi AR dan Yusran Pare.

Pangeran Rusdi Effendi AR menceritakan sejarah perjalanan pers di Kalsel. Berawal dari aktifis mahasiswa mulai era perjuangan 1940an, 1945, 1960 hingga sekarang yang mana awal mula kelahiran media adalah Mimbar Mahasiswa yang melahirkan empat surat kabar di Kalimantan.

“Seperti Media Masyarakat, Mimbar Masyarakat, Dinamika Berita dan Banjarmasin Post yang mana pendirinya terdiri atas Djok Mentaya, Yustan Aziddin, dan saya,” ucap Pangeran Rusdi Effendi AR.