Masa Orientasi Siswa (MOS) SMK Ignatius Slamet Riyadi diisi dengan beberapa kegiatan meliputi pengenalan sekolah, pembinaan karakter, pengenalan Pancasila dan pembinaan antinarkoba. Demikian diungkapkan ketua OSIS SMK Ignatius Slamet Riyadi, Antonius Kristianto, Kamis (19/7). Lebih lanjut Anto mengatakan selain kegiatan di dalam kelas, para siswa juga mengadakan kegiatan di luar kelas. Salah satu kegiatan di luar kelas dalam MOS kali ini adalah mengunjungi Monumen Pers Nasional.

Para siswa mencoba layanan digitalisasi media cetak lewat layar sentuh

Kunjungan ke Monumen Pers Nasional dilakukan karena dianggap sesuai dengan disiplin ilmu di SMK Ignatius Slamet Riyadi yaitu program studi Teknik Grafika. Sebanyak 105 siswa mengikuti acara pengenalan sejarah pers di Monumen Pers Nasional. Para siswa mendapatkan penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi serta aktivitas Monumen Pers Nasional, sejarah perkembangan pers di Indonesia serta menyaksikan video profil Monumen Pers Nasional. Dalam peninjauan keliling banyak siswa yang tertarik melihat keanekaragaman koleksi surat kabar dari seluruh Indonesia dan hasil digitalisasi yang dapat diakses lewat layar sentuh atau touch screen.

Salah seorang guru pembimbing, Paula Maria menjelaskan bahwa kunjungan ke Monumen Pers Nasional ini benar-benar sesuai dengan bidang studi yang ada di SMK Ignatius Slamet Riyadi karena SMK tersebut mengembangkan disiplin ilmu teknik grafika yang terdiri atas jurusan persiapan grafika dan produksi grafika. Selain itu ada pula kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMK tersebut. Dari koleksi penerbitan pers kuno dan saat ini terdapat perbedaan yang sangat menonjol dalam layout atau tata letak serta teknik grafikanya.

Para siswa melihat koleksi dokumen media cetak

Diharapkan kunjungan ini bermanfaat bagi seluruh siswa dan untuk selanjutnya para siswa dapat secara aktif datang sendiri ke Monumen Pers Nasional baik untuk menjadi anggota perpustakaan, mengakses koleksi dokumen media cetak lama atau kegiatan lain yang menunjang mata pelajaran lain di sekolah. (Arnain Dian Agustin, S.Sos)