Monumen Pers Nasional

Merupakan salah satu instansi pemerintah yang berada di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berada di kota Surakarta, Jawa Tengah

Apa sih yang kami lakukan?

Menjadi Agen Diseminasi Informasi

Dengan mewujudkan obyek kunjungan wisata ilmiah bidang pers dan menjadi agen diseminasi informasi serta sebagai media literasi bagi masyarakat.

Berperan dalam Pembangunan Karakter Bangsa

Mengkomunikasikan dokumen dan koleksi pers, komunikasi, informasi bernilai sejarah kepada khalayak umum untuk menunjang pembangunan jiwa dan kepribadian bangsa (Nation and Character Building).

Melakukan Konservasi dan Dokumentasi

Yaitu mendokumentasi, mengkonservasi bukti terbit media dan benda bersejarah lingkup pers dari seluruh Indonesia sejak sebelum proklamasi kemerdekaan hingga saat ini sehingga dapat anda nikmati hingga kini.

Sejarah Monumen Pers

Sebelum  tahun 1933 gedung yang saat ini disebut sebagai Monumen Pers Nasional bernama Gedung Societeit. Disana pernah terjadi kegiatan rapat yang dipimpin oleh R.M. Ir. Sarsito Mangunkusumo yang melahirkan stasiun radio baru yang bernama Solosche Vereeniging (SRV) sebagai radio pertama kaum pribumi.